Tipe Riset Dengan Pendekatan Disiplin Ilmu Sosial Sains

Disiplin disiplin sainssosial
Disiplin disiplin sainssosial from www.slideshare.net

Tipe Riset Dengan Pendekatan Disiplin Ilmu Sosial Sains

Apa Itu Riset Sosial Sains?

Riset sosial sains adalah penelitian yang menggunakan metode yang ditemukan selama abad 20 dan dipengaruhi oleh teori dari berbagai disiplin ilmu sosial. Ini meliputi bidang seperti antropologi, psikologi, sosiologi, sains politik, dan studi kebudayaan. Riset sosial sains mencoba untuk menemukan teori dan hipotesis yang akan membantu para peneliti untuk mengerti lebih baik tentang perilaku manusia dan fenomena sosial yang terjadi di seluruh dunia.

Berbagai Tipe Riset Sosial Sains

Ada berbagai macam tipe riset sosial sains yang berbeda yang dapat digunakan oleh para peneliti untuk mempelajari fenomena sosial. Beberapa di antaranya adalah:

Survei

Survei adalah metode penelitian yang paling umum digunakan dalam riset sosial sains. Survei biasanya menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang subjek tertentu. Survei dapat dilakukan secara online, melalui email, atau dengan mengirimkan sampel kepada orang yang dipilih secara acak. Hasil dari survei dapat digunakan untuk membangun teori.

Observasi

Observasi adalah metode penelitian yang menggunakan pengamatan langsung. Peneliti dapat mengamati perilaku dan tindakan seseorang atau kelompok untuk memahami bagaimana perilaku dan tindakan tersebut terjadi. Observasi dapat dilakukan dengan menggunakan tindakan partisipatif, di mana peneliti menjadi bagian dari konteks sosial yang diteliti, atau dapat menggunakan metode non-partisipatif, di mana peneliti hanya mengamati dari luar. Hasil dari observasi dapat digunakan untuk memverifikasi hipotesis dan teori sosial.

Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif

Analisis kualitatif dan kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan tentang fenomena sosial yang diteliti. Analisis kualitatif biasanya menggunakan teknik seperti wawancara dan observasi, sementara analisis kuantitatif menggunakan teknik seperti survei, eksperimen, dan analisis data. Hasil dari kedua jenis analisis dapat digunakan untuk menguji hipotesis dan membangun teori sosial.

Kesimpulan

Riset sosial sains adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan informasi tentang fenomena sosial. Ada berbagai macam tipe riset sosial sains yang berbeda yang dapat digunakan untuk mempelajari fenomena sosial, termasuk survei, observasi, dan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari riset sosial sains dapat digunakan untuk membangun teori dan menguji hipotesis.

Check Also

Cara Menjaga Alquran Agar Tetap Awet

Cara Menjaga Alquran Adalah Sebagai Berikut Kecuali from pengetahuantop.blogspot.com Cara Menjaga Alquran Agar Tetap Awet …